DEFINISI
PERUBAHAN MENURUT PARA AHLI:
- NENI NURMAYANTI
HUSANAH
Perubahan merupakan
sesuatu yang unik
karena perubahan-perubahan yang terjadi
dalam berbagai kehidupan
itu berbeda-beda dan
tidak bias disamakan, walaupun memmiliki
beberapa persamaan dalam
prosesnya.
- BRIAN CLEGG
Perubahan merupakan
suatu kekuatan yang
sangat hebat, yang
dapat memotivasi atau mendemotivasi.
- A.B SUSANTO
Perubahan adalah
keniscayaan yang menyertai
kehidupan, dapat terjadi dimana saja, kapan
saja, dan menimpa
siapa saja.
-
VINCENT GASPERS
Perubahan adalah
bagian terbesar dari
kenyataan bisnis.
- JANE FLAGELLO
Perubahan adalah
pertumbuhan, perubahan adalah
kesempatan, dan perubahan adalah peningkatan
potensi.
DEFINISI
PERKEMBANGAN MENURUT PARA AHLI:
Perkembangan merupakan
serangkaian perubahan progresif
yang terjadi sebagai
akibat dari proses kematangan
dan pengalaman dan
terdiri atas serangkaian
perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif ( E.B. Harlock ). Dimaksudkan
bahwa perkembangan merupakan proses perubahan individu yang
terjadi dari kematangan
(kemampuan seseorang sesuai
usia normal) dan pengalaman yang
merupakan interaksi antara
individu dengan lingkungan
sekitar yang menyebabkan perubahan
kualitatif dan kuantitatif
( dapat diukur) yang menyebabkan
perubahan pada diri
individu tersebut.
Perkembangan mengandung
makna adanya pemunculan
sifat-sifat yang baru,
yang berbeda dari sebelumnya
( Kasiram, 1983 : 23),
menandung arti bahwa
perkembangan merupakan
peubahan sifat individu
menuju kesempurnaan yang
merupakan penyempurnaan dari
sifat-sifat sebelumnya.
LANGKAH-LANGKAH
PERUBAHAN ORGANISASI
Proses
perubahan adalah Langkah-langkah untuk mencapai tercapainya perubahan dalam
organisasi. Langkah langkah yang mencakup didalam nya adalah :
a. Mengadakan pengkajian.
Tidak dapat
di pungkiri, bahwa setiap organisasi tidak dapat menghindar dari pengaruh
berbagai perubahan dalam luar lingkup tubuh organisasi.
b. Mengadakan identifikasi.
Yang perlu
diidentifikasi adalah dampak perubahan yang terjadi dalam organisasi. Setiap
factor yang dapat menjadikan perubahan organisasi harus di teliti, sehingga
permasalahan yang mungkin timbul dapat di selesaikan.
c. Menetapkan perubahan.
Sebelum
langkah-langkah perubahan di ambil, pimpinan organisasi harus sangat yakin bila
perubahan memang di butuhkan, baik dalam meningkatkan kemampuan
organisasimaupun dalam langkah mempertahankan perkembangan dan existensi
organisasi.
d. Melakukan evaluasi.
Untuk
mengetahui kemungkinan dampak dari perubahan tersebut.
PERENCANAAN
STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI
Semua
kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui 4 tahapan berikut ini.
Tahap 1 :
Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
Perencanaan
dimulai dengankeputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi
atau kelompok kerja.Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan
menggunakan sumber daya sumberdayanya secara tidak efektif.
Tahap 2 :
merumuskan keadaan saat ini
Pemahaman
akan posisi perusahaansekarang dari tujuan yang hendak di capai atau sumber
daya-sumber daya yang tersediauntuk pencapaian tujuan adalah sangat penting,
karena tujuan dan rencana menyangkutwaktu yang akan datang. Hanya setelah
keadaan perusahaan saat ini dianalisa, rencanadapat dirumuskan untuk
menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua ini memerlukan
informasi-terutama keuangan dan data statistik yang didapat melaluikomunikasi
dalam organisasi.
Tahap 3 :
mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
Segala
kekuatan dankelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasikan
untuk mengukurkemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu
diketahui faktor-faktor lingkungan intren dan ekstern yang dapat membantu
organisasi mencapai tujuannya,atau yang mungkin menimbulkan masalah. Walau pun
sulit dilakukan, antisipasi keadaan,masalah, dan kesempatan serta ancaman yang
mungkin terjadi di waktu mendatang adalahbagian esensi dari proses perencanaan.
Tahap 4 :
mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaiantujuan
Tahap
terakhir dalam proses perncanaan meliputi pengembangaan berbagai alternatif
kegiatan untuk pencapaian tujuan, penilaian alternatif-alternatif tersebut
danpemilihan alternatif terbaik (paling memuaskan) diantara berbagai alternatif
yang ada.
IMPLIKASI
MANAJERIAL
Sebab yang
terjadi karena adanya perubahan dan pengembangan organisasi adalah sebuah
organisasi tersebut akan mengalami peningkatan baik dalam kinerja maupun hal
lainnya, organisasi tersebut juga tidak akan diam di dalam suatu posisi
melainkan terus berkembang semakin hari.
sumber:
http://carapedia.com/pengertian_definisi_perubahan_info2189.html
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/25/definisi-perkembangan/
http://davidsupernatanailg.blogspot.com/2013/01/tugas-kuliah-perubahan-dan-perkembangan.html
http://kodokoala.blogspot.com/2012/10/proses-perencanaan-penetapan-tujuan-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar