Sabtu, 29 Oktober 2011

TUGAS PTSI A

Pertanyaan :
1.      Dari kerangka – kerangka berikut ini mana yang dapat berfungsi sebagai barang substitusi atau pengganti bagi perangkat lainnya . jika dapat berikan kondisi – kondisi yang diperlukan :
A. Keyboard
B. Mouse
C. Joystick
D. Pen
2.   Berikan kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis monitor berikut ini :
      A. LCD
      B. LED
      C. PLASMA
Jawaban :
1) A. KEYBOARD
                Pada komputer PC tidak punya sensor gerak untuk menggerakkan mouse sehingga sangat mengandalkan mouse sebagai penggerak mouse utama. Keyboard dapat menjadi barang Substitusi atau pengganti . Nah dalam kondisi saat ini saya tidak punya mouse yang bisa digunakan karena rusak . mau tidak mau saya harus mencari cara alternatif untuk bisa tetap menggunakan mouse. Dengan cara menggunakan keyboard sebagai barang substitusi atau pengganti bagi perangkat mouse saya yang rusak .

Berikut ini merupakan cara mengubah keyboard menjadi mouse :

1. Pencet tombol Alt (kiri), Shift (kiri) dan Numlock secara bersamaan.                     (padalaptop/netbook ditambah tombol Fn apabila tombol numlock merupakan fungsi kedua pada sebuah tombol) lalu muncul gambar seperti ini :



2. Setelah muncul kotak dialog Mousekeys klik tombol Settings dan beri tanda centang pada Use Mousekeys lalu set pointer speed dalam keadaan high dan fast agar gerak pointer dalam kecepatan maksimal

 lalu ok sampai kotak dialog hilang.

3. Tombol angka keypad numerik yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard sekarang bisa anda gunakan sebagai mouse dadakan walaupun masih jauh lebih enak menggunakan mouse yang asli.

Keterangan Tombol Yang Dapat Digunakan Pada Fasilitas/Fitur Mouse Keys :
Angka 1                 : Arah Kiri Bawah
Angka 2                 : Arah Bawah
Angka 3                 : Arah Kanan Bawah
Angka 4                 : Arah Kiri
Angka 5                 : Klik Kiri
Angka 6                 : Arah Kanan
Angka 7                 : Arah Kiri Atas
Angka 8                 : Arah Atas
Angka 9                 : Arah Kanan Atas
Angka 0                 : Tahan Tombol Tertentu
Tombol .                : Melepas Tombol Tahan
Tombol +              : Klik Kiri Ganda (Double Click)
Tombol Enter       : Enter
Tombol Numlock     : Mengaktifkan dan Mematikan Mouse Keys
Tombol /                : Klik Kiri
Tombol *               : Klik Tengah
Tombol –               : Klik Kanan

 B. MOUSE
            Keyboard merupakan perangkat yang paling sering digunakan untuk melakukan input data ke computer . Mouse dapat menjadi barang Substitusi atau pengganti . pada kondisi saat ini keyboard saya sedang rusak karena terkena air sehingga menjadi error dan tidak bias digunakan . padahal saat ini saya harus membuat laporan yang sangat penting dan harus selesai beberapa jam lagi . walaupun datanya tidak banyak tetapi tidak bias berbuat apa – apa karena keyboard saya rusak . tidak cukup waktu untuk memperbaiki keyboard, mau tidak mau saya harus mencari cara alternatif untuk bisa tetap menggunakan keyboard . Dengan cara menggunakan mouse sebagai barang substitusi atau pengganti bagi perangkat keyboard saya yang rusak .
Berikut ini merupakan cara mengubah mouse menjadi keyboard :
1. klik tombol start
2. klik menu control panel pada start menu
3. klik ease of access center
4. klik start on-keyboard pada quick access to common tools

5. maka munculah tampilan on-screen keyboard seperti gambar di bawah ini :


C. JOYSTICK
joystick bukanlah perangkat subtitusi atau pengganti, karena fungsi joystick tidak bisa di gunakkan sama untuk perangkat yang lainnya.


E. PEN
pen adalah perangkat subtitusi, misalkan saat saya di rumah menggunakan mouse untuk menggambar di computer itu tidak terlalu efektif dikarenakan bentuknya tidak sama dengan pensil tetapi pen ini sebuah alat yang berfungsi sama dengan mouse tetapi bentuknya menyerupai sebuah pulpen sehingga perangkat ini bisa di jadikan sebagai mouse saat untuk menggambar dan untuk yang lainnya. Kelebihan pen dapat mempermudah kita untuk menggambar di layar komputer karna penggunaannya sama seperti pulpen pada umumnya .  

2) A. Monitor LCD (Liquid Colour Display
#  Kelebihan
    kelebihan utama lcd adalah pada ukuran dimensi (compact) dan berat yang sangat rendah, konsumsi daya sangat rendah, hampir tidak ada efek flicker ( tergantung pada tipe backlight yang di gunakan) dapat di produksi hampir untuk semua ukuran, dan secara teori tidak tidak ada batasan resolusi maksimal

#  Kekurangan
   Kekurangan : LCD memiliki sudut pandang yang sangat terbatasi. Hal ini juga menyangkut sisi reproduksi warna , saturasi, dan brightness yang berubah-ubah meski pada sudut pandang yang paling optimal. Response time-nya rendah hingga menimbulkan ghosting artiffact, memiliki satu native resolution meski resolusi lain dimungkinkan dengan menggunakan video scaller. Dead pixel bisa terjadi entah ketika produksi di pabrik maupun ketika pemakaian oleh user.

B. Monitor LED (Light Emiting Diode)
#  Kelebihan
LED memiliki sejumlah kelebihan karena ia mengonsumsi energi lebih sedikit, memiliki masa pakai yang lebih lama dan dapat memperbaiki kontras dan image yang ditampilkan. LED TV juga lebih ringan dan tipis dibandingkan LCD TV yang menggunakan lampu fluorescent untuk memancarkan cahaya.

#  Kekurangan
Kelemahan dari penggunaan LED TV adalah cepat panas dan harga yang ditawarkan Lebih mahal daripada LCD TV dengan ukuran yang sama. Tapi dengan harga yang mahal imbang dengan yang kita dapatkan dari LED TV, apalagi saat kondisi yang sedang resesi ekonomi seperti ini. Tapi next time pasti akan ada perkembangan teknologi yang lebih baik dan ramah lingkungan

C. Monitor PLASMA
#  Kelebihan
Kelebihan : display plasma hampir menyerupai kemampuan monitor CRT, dengan contrast ratio tinggi ( 10.000 : 1 ). Reproduksi warna sangat baik dan level black rendah. Hampir tidak ada response time dan sudut pandang ( viewing angle ) sangat baik.

#  Kekurangan
Kekurangan : memiliki ukuran pixel pitch yang besar, yang artinya memiliki resolusi rendah atau meski resolusi tinggi, ukuran monitor haruslah besar. Tipe plasma juga memiliki bobot yang sangat besar. Konsumsi daya dan operasional suhu yang tinggi. Cell plasma untuk perwakilan tiap pixel gambar hanya memiliki fungsi on/off sehingga reproduksi warna jauh lebih terbatasi lagi dibandingkan tipe CRT ataupun LCD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar